Mar 15, 2012

Si Buta dari Jepang

Bukan cuma di indonesia aja yang punya pendekar si buta dari gua hantu tapi di jepang juga ada loohhh. Namanya Zatoichi eitss tapi dia bukan manusia gua yaaa... Zatoichi adalah seorang samurai yang hidup pada zaman Edo, sekitar abad 16-17. Dia berkelana keliling jepang buat menumpas kejahatan, yaah layaknya superhero pada umumnya. Nah biar penjahat di jepang ngga tahu kegiatannya, dia menyamar sebagai orang biasa dan suka berubah-ubah profesi kadang-kadang jadi gambler alias tukang judi (kalo yang ini jangan ditiru), jadi pemain musik, jadi tukang pijit (serius!!gue ngga boong), macem-macem deh. Karena penyamaranya yang oke plus kekurangan yang dia miliki (re:buta) banyak yang mengira dia cuma pria biasa dan ngga ada yang tau kalo ternyata dia adalah seorang samurai yang skill dan instingnya beeuuuhhh ajib mamen.

Tokoh samurai fiksi ini merupakan salah satu tokoh yang banyak banget dibikin filmnya. Mulai dari tahun 1962 (waahh emak gue aja blom brojol tuh) sampe 2010 udah ada sekitar 29 film yang nyeritain tentang Zatoichi. Belum lagi serial TVnya yang mencapai 100 episode dan dibagi menjadi 4 season (ckckckckck, tenar kali abang yang satu ini).

Nah kali ini gue mau bahas salah satu film Zatoichi yang pernah gue tonton. Judulnya Zatoichi the Blind Swordsman. Film ini dirilis tanggal 3 Sept 2003, di Venice Film Festival. Tokoh Zatoichi sendiri diperankan oleh Takeshi Kitano yang sekaligus menjabat sebagai sang sutradara.

http://hello-chiizu.blogspot.com
Poster filmnya
http://hello-chiizu.blogspot.com
Adegan main pedang-pedangan

Film ini banyak banget masuk nominasi dan dapat penghargaan salah satunya
  • 6 Sept 2003, Venice Film festival, Silver Lion Best Direction, Venice
  • 14 Sept 2003, 28th International Toronto Film Festival, Audience Award AGF People's Choice Award, Toronto
  • 2003, Audience Award Leone Del Pubblico, Venice
  • 2003, London Film Festival 

Film ini nyeritain tentang zatoichi yang............ eemmmm kayanya ngga seru kalo diceritain, nonton filmnya aja ya biar lebih afdol,hehehehe.. yang jelas film ini ada diposisi 1 list film ‘persamuraian’ gue. Ngga cuma adegan main pedang-pedangan dan berantem aja tapi juga ada kocaknya, lucu, sedih, ngeri, bahagia, campur aduk jadi satu. Selain itu, kita juga bisa tahu bagaimana kesenian dan tradisi masyarakat jepang zaman dulu. Yang paling bikin gue jatuh cinta karena alur ceritanya yang ngga ketebak, setelah nonton filmnya sampe abis kalian baru “oohhhh ngerti gue” sambil angguk-angguk :) Biar ngga terlalu penasaran, monggo dilihat trailernya 


yang mau liat review filmnya monggo tinggal di klik

So cepetan cari popcorn and enjoy the movie :)

No comments:

Post a Comment