Feb 18, 2013

How To be "Anak Kosan"


Siapa yang ngebaca postingan ini, mulai menjabat sebagai “anak kosan” ayo angkat tangan :D Sebagai mantan anak kosan,hehehe.. I wanna share my own experience mudah-mudahan bisa membantu ;p

Gue anak ke 3 dari 4 bersaudara, dan dari ke-4 the Ananto ngga ada satupun yang pernah tinggal jauh dari orang tua. Terlebih lagi sifat emak gue yang possesif sama anak-anaknya. Tapi di taun 2010 gue dihadapkan pada kenyataan “Diterima sebagai mahasiswi Undip”

Undip = Semarang = Jawa Tengah

Gile, jawa tengah!!!! seumur-umur kaga pernah mimpi bakal hidup disono. Tapi itulah takdir dan harus gue hadapi. Bulan pertama sebagai anak kosan nyiksa abis. Bayangpun 1 bulan pertama gue penyakitan (T.T)

Demam -> sembuh -> pilek -> sembuh -> batuk -> sembuh -> demam lagi

Begitulah chart riwayat penyakit gue. Metode pengobatanya : mulai dari beli obat warung ampe emak gue bela-belain paketin obat dari Karawang ke Semarang. Sebenernya si, ini bukan penyakit fisik tapi penyakit batin. Dari yang segalanya sama ortu, sekarang harus ngurus sendiri. Gue sempet nyerah, ampe babeh bilang “Ka, kalo emang kamu ngga kuat, ngga usah diterusin kuliahnya, ngga apa-apa ko” Tapi gue mikir duit yang dikeluarin babeh ngga sedikit, masa gue keluar gitu aja. Pliss deh. Blom lagi temen sekelas gue Maris pernah memberikan semacam statement ke temen seperantauan gue mba Eli.

“Eli, koncomu kui ingusan wae yo” (Eli, temen kamu itu ingusan terus ya)

Bo Shinchan


MENNNNN!!!!!! :@ Demi menjaga kredibilitas agar tidak dibilang INGUSAN maka gue harus SURVIVE!!! Ini metode survive gue..

1.       No NGELUH, No HOMESICK
Wajiiibbbb!!! The only person can make your life difficult is your own mind, YOU, YESS!! YOU!! Jadi percuma kalo disekeliling kita hepi tapi otak kita isinya ngeluh yaaa bawaanya jadi ribet. Pertama kali gue jadi anak kosan pun gue selalu ngeluh, susah ini lah itu lah. Lama-lama capek sama keluhan sendiri. So, i have to handle it :) Dan betapa beruntungnya gue punya temen-temen seperantauan, temen-temen di Tekim, dan temen-temen Milan yang memiliki tingkat kecerdasan dan humoritas diatas rata-rata, jadi bisa menurunkan kadar ke-ngeluh-an dan ke-homesick-an gue :D maacih kakakh cemuanya :*

2.       Cari Teman
Hal yang pertama musti dilakuin adalah cari teman sebanyak-banyaknya. Gue termasuk beruntung karena punya teman seperantauan (ngga nelangsa banget lah). Buat yang single fighter gunakan metode eS-Ka-eS-De. Ngga usah malu, begitu ada peluang buat kenalan, langsung hajar aja (hajar bukan berarti digebukin K ). Misal lagi diperpus ada yang duduk disebelah kalian, ajak kenalan aja. Lagi makan dikantin or waktu nungguin dosen, ajak kenalan. Tapi jangan sampe annoying juga, yang ada ntar malah didamprat lagi (--“) Terus kalo ada yang ngajak kenalan, mukanye jangan berlipet-lipet (cukup perut aja yang berlipet). Be nice, siapa tau nantinya kita butuh pertolongan orang itu. Cari juga temen yang asal kotanya sama dengan kita, its like meet ure own bother/sister. Kan lumayan bisa pulang kampung bareng :D

3.       TE-RA-VEL
Maksudnya travel, yuuup!!! travelling dear. Mumpung lagi di kota orang kan sayang kalo cuma dihabiskan buat “ngejogrok” di kosan. Dan ngga mau juga kan jadi kupu-kupu terus (KUliah PUlang-KUliah PUlang). Maka, JELAJAHIlah. Asli!!!! bakalan jadi pengalaman dan memori seumur hidup :D kalo bisa nyebrang ke kota tetangga juga. Ngga punya duit??? yaaa jangan manja, nebeng sana sini, backpakeran ato touring sama temen-temen pake motor, kan lebih hemat tuh. Yaaah diatur-atur lah, yang penting bisa jalan-jalan dengan paket hemat :D

4.       Watch ure money
Yess!! Gue mengalami kebangkrutan di 3 bulan pertama ngekos (--“)Selalu minta duit tambahan ke ortu, lama-lama ngga enak juga, akhirnya gue musti pinter buat ngatur uang. Uang gue bagi ke beberapa kelompok, buat makan, transport, hangout, tabungan. Sesuaikan dengan uang jajan yang dikasih ortu, pake prioritas. Bakalan lebih bagus lagi kalo kalian punya penghasilan tambahan, dari part time misalnya. Yaaa lumayan lah dapur bisa ngebul J Nah buat masalah keuangan gue masih belajar sama gurunda @FabFebi. Coba cek kelas onlinenya, ngebantu banget lohh -> Yang Muda YAng Beruntung

5.       Language
Bahasa itu penting. Awal gue hidup disemarang, BUTA banget bahasa jawa. Ngga ngerti satu kata pun. Tapi karena mayoritas temen-temen disana pake bahasa jawa, mau ngga mau gue harus belajar. Ngga asik juga kalo temen-temen lagi ngobrol, becanda, ngakak, ngejokes, sementara gue cuma bisa mangap karena ngga ngerti bahasanya :O

6.       Lokasi Kosan
Kalo gue boleh ngasih saran cari kosan yang lokasinya ngga jauh dari kampus dan strategis. Kalo bisa di kosan itu ada temen 1 kelas ato 1 jurusan, jadi kalo ada info penting ato jarkom kita ngga ketinggalan berita.

7.       Urusan Perut
Urusan perut = makan. Cari info soal tempat makan yang bersahabat buat kantong, tapi inget HYGENE also important. Jangan sampe niat hemat ehh malah jadi penyakitan.  Buat alternatif masak sendiri aja. Dari pengalaman gue dengan modal Rp 8.000 bisa buat 2 hari (ngga termasuk minyak sama nasi yaaa. Kompor, panci, dan wajan dapet minjem). Sehat dan murah meriah :D Bisa juga patungan sama temen-temen satu kosan, terus masak bareng deh, itu lebih murah meriah, seru pulaaaa :D

8.       Tebengan
Yaaa berhubung gue ngga punya kendaraan, dan ngga bisa mengendarai kendaraan (satu-satunya kendaraan yang gue bisa adalah sukhoi alias suku alias kaki alias by foot), maka carilah tebengan sebanyak mungkin, demi kelancaran mobilitas :D Jangan lupa selalu ucapkan terima kasih kepada si penebeng ;p (tata krama pertebengan)

untuk masalah tebengan, gue musti kasih award kepada Abang Rein alias Biber dan Fatih the Astuti partner in crime gue di Milan, Mas Adi yang udah nyelamatin gue saat terdampar di krapyak pagi buta, temen-temen seperantauan, dan of course semuuuuaaaaa orang yang udah berbaik hati nebengin daku :D

9.       Spread your Wings
Kalo udah bisa beradaptasi dengan baik maka SPREAD ure WINGS. Beat the city!!! Caranya?? Ya terserah masing-masing. Kalo gue sii dengan cara mencari network di luar teman perkuliahan, dengan begitu temen-temen gue ngga sebatas di kampus aja.

“Ta, lu suka nonton bola??” tanya Maris “iya gue suka sama AC Milan ris” “Wuih sama dong, ikut gabung aja di milanisti semarang, mau ngga??” 

AHA!!! BINGO!! Siapa tau dengan ikutan salah satu komunitas ini bakalan nambah temen. Akhirnya dengan bekal nekat dan ijin dari emak, bergabunglah gue dengan MILANISTI SEZIONE SEMARANG. Awalnya ngerasa canggung, tapi ahhh pede aja lagi :D Alhamdulillah, gue jadi nambah temen, saudara malahan :D

So intinya adalah BE SURVIVAL and SPREAD YOUR WINGS. Perbanyak teman, jangan malu-malu, memperpanjang tali silaturahim dapat memperpanjang umur juga loh.

Dan saran gue yang paling amat sangat penting cekali bangeuudh ciyus adalah..

JAGA HATI, JAGA DIRI, JAGA IMAN!!!!

INGATLAH, ORANG TUA SEDANG MENANTI KEBERHASILAN ANDA!!!!!

Bang Napi RCTI

WASPADALAH!!!! WASPADALAH!!!!!

No comments:

Post a Comment